Minggu, 26 November 2017

Menunggu Kakak-kakak Pulang

Pasir warna-warni bersebaran di lantai. Butiran-butiran pasir berwarna hijau kadang bercampur dengan yang berwarna merah, hingga membuat warna baru yang tidak jelas berwarna apa. Pengasuh-pengasuh pun berusaha untuk mencegah tangan-tangan mungil itu mencampurkan pasir. Tapi yah, tangan-tangan kecil itu pasti akan tetap berusaha mencampur butiran pasir yang berbeda warna itu. Ide yang muncul dalam benak anak-anak untuk mencoba hal baru kadang terlihat jail, tapi itu adalah sebuah ekspresi keingintahuan pemikir-pemikir cilik ini. Dan luapan ekspresi kegembiraan, tanda terjawabnya pertanyaan mereka adalah lemparan pasir ke atas, terburai kesegala arah menambah kemeriahan (atau keberantakan) ruangan bermain di Bilik Dolan. “Ntar juga rapi lagi”, ungkap seorang pengasuh anak-anak di Bilok Dolan.
Itu hanya sebuah kegiatan kecil anak-anak yang dilakukan sejak mereka selesai makan pagi dan mandi. Setelah senam pagi ceria, 4 sampai 5 anak kecil akan sibuk duduk di lantai bermain, dan hari ini adalah bermain pasir.
Jadwalnya hanya main pasir tiap hari?
Main pasir adalah salah satunya. Beberapa hal lain yang dilakukan di Bilik Dolan ini, seperti main bola-bola warna-warni (lempar tangkap bola), bermain balok, main mobil-mobilan, dan kegiatan favorit mereka adalah, “Om, mau tata tutu” (Om, mau baca buku) atau “Om, mau mewarnai”. Setelah buku kecil atau kertas mewarnai sudah ditangan mereka, mereka pun mulai duduk anteng di meja.
Sambil menunggu kakak-kakaknya yang sedang bersekolah, mereka yang datang untuk “shift pagi”, punya kegiatan sendiri juga, hingga mereka mulai berceloteh “Mbak, Mamam”, tanda mulut-mulut kecil ingin mengunyah.

“Om, bikin tirek Om. Bikin tirek yang gede Om”, rengek seorang bocah cilik, menuntut ingin mewarnai sosok Tyrannosaurus Rex, binatang kesuakaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keceriaan anak-anak Bilik Dolan di Taman Kota

Halo semua.... Berjumpa kembali dengan blog Bilik Dolan... Setelah sempat ditutup beberapa lama untuk direnovasi, kembali Taman Kota 1 di...