Minggu, 03 Desember 2017

Mewarnai…



“Pokoknya walnanya ga boeh kuar galis”, celetuk seorang anak pada anak kecil disebelahnya. Matanya tetap menatap kertas yang sudah ada gajah dan tangan mungkilnya yang sibuk memegang pensil warna. Perlahan-lahan dia mulai mewarnai dengan menggunakan warna hijau. Teman disebelahnya masih sibuk memperhatikan temannya, dengan memegang pensil warna berwarna kuning di tangannya. Dan ia mulai merengek ke pengasuhnya untuk meminta bantuan dalam mewarnai kertas bergambar badut dihadapannya.

Setiap orang tua pasti menginginkan pertumbuhan dan perkembangan motorik yang optimal untuk anaknya. Dan stimulasi-stimulasi sederhana yang dimulai pada tahap tumbuh kembang anak adalah sangat penting. Tidak perlu hal-hal yang rumit apalagi mengeluarkan biaya besar hanya untuk melatih si kecil. 

Menggambar dan mewarnai adalah cara yang paling sederhana untuk melatih otot-otot di tangan si mungil itu. Pertanyaan yang paling mendasar adalah waktu. Orangtua yang tentunya sudah sangat disibukan dengan kegiatan-kegiatan rapat ditambah pekerjaan yang menumpuk di meja kerja, tentunya tidak memiliki waktu yang cukup untuk membimbing si anak untuk mengembangkan keterampilan motorik bagi si anak. Lepas dari semua upaya yang dilakukan orangtua itu ditujukan untuk si buah hati.

Bilik Dolan-lah yang kemudian memberikan sarana dan bantuan bagi orangtua untuk melatih dan mengembangkan keterampilan dan kemampuan motorik-anaknya yang tinggal sementara di tempat kami. Berbagai bentuk kegiatan melatih motorik dilakukan bagi anak-anak di Bilik Dolan, dari mewarnai, menggambar, lempar tangkap bola, bermain balok, masak-masakan dengan mainan, bermain pasir, dan segala bentuk kegiatan lain dilakukan saat mereka berada bersama kami.


“Gajahnya pake walna melah yah tante, bial keliatan lucu yah?” tambah si kecil – sebuah pembebasan imajinasi dan kreatifitas si anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keceriaan anak-anak Bilik Dolan di Taman Kota

Halo semua.... Berjumpa kembali dengan blog Bilik Dolan... Setelah sempat ditutup beberapa lama untuk direnovasi, kembali Taman Kota 1 di...