Senin, 21 Januari 2019

Kelebihan Daycare untuk Anak


Bagi Anda yang tinggal di kota besar, daycare atau TPA (Tempat Penitipan Anak)  seringkali menjadi alternatif terbaik untuk menitipkan anak selama bekerja di kantor. Tapi, banyak juga yang tidak begitu senang dengan pemikiran harus menitipkan anaknya seharian dengan anak-anak lain atau orang lain.

Namun, jika Anda sudah melakukan riset yang mendalam terhadap TPA yang dipilih, sebenarnya Anda tak perlu ragu lagi. Yakinlah bahwa anak berada di tangan yang tepat selama Anda beraktivitas.

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa anak yang dititipkan di TPA justru mendapatkan banyak keuntungan dibandingkan anak-anak yang diasuh di rumah, yaitu:

- Anak-anak yang dititipkan di TPA jarang mengalami keterlambatan bicara sampai usia 3 tahun. “Kemungkinan, karena anak usia 1 sampai 1,5 tahun yang dititipkan di TPA mendapat rangsangan bahasa yang lebih intensif dari teman sebaya diban­dingkan anak yang berada di rumah,” ujar anggota tim peneliti, Ratib Lekhal, kandidat doktor dari Norwegian Institute of Public Health.
1.  Pandai bersosialisasi
Salah satu keterampilan yang bisa dipelajari anak Anda di tempat penitipan anak adalah bagaimana bersosialisasi. "Ia akan menghabiskan harinya untuk berinteraksi dengan anak-anak lain, maupun orang dewasa lainnya. Itu semua bermanfaat bagi perkembangan sosialnya," ungkap Jenny Garrett, penulis Rocking Your Role. Ia menambahkan, belajar bersosialisasi tak kalah penting dengan keterampilan perkembangan Si Kecil pada usia ini.
 
2.  Kualitas kognitif lebih baik
Sebuah studi dari US National Institute of Health menemukan bahwa anak-anak yang ditempatkan di daycare memiliki kualitas yang sedikit lebih baik dalam prestasi akademis dan kognitifnya, karena lebih banyak mendapatkan stimulasi. Para ahli juga mengatakan, lebih kecil risiko mereka untuk menjadi anak nakal saat beranjak remaja.

3.  Status kesehatan lebih baik
Sebuah studi yang ditampilkan dalam jurnal JAMA Pediatrics menemukan, anak-anak yang menghabiskan waktu di tempat penitipan anak saat usia sekitar 2 tahun memiliki sistem imun yang lebih kuat, sehingga ia akan lebih jarang sakit daripada anak-anak yang dirawat di rumah.
 
4.  Meredam kekecewaan
Salah satu hal yang memberatkan langkah Anda adalah saat Si Kecil tidak terima ketika Anda meninggalkan dirinya untuk pergi ke kantor. Bahkan, tak jarang rengekannya membuat Anda kewalahan. Namun, anak yang dititipkan di daycare disebut cenderung lebih mandiri dan tidak sesensitif anak yang ditinggalkan di rumah. Ia tidak akan ingat kapan dan seberapa sering Anda meninggalkannya di tempat penitipan anak, sehingga tidak akan ada rengekan lagi.
 
5.  Lebih mandiri
Anak yang dititipkan di daycare akan menghabiskan hari-harinya dengan banyak kegiatan bersama anak-anak lain. Hal itu bisa membuatnya lebih mandiri dan membantu mencegah anak Anda terlalu 'lengket' pada Anda.
 
6.  Mengajarkan rutinitas
Daycare sangat baik untuk mengajarkan rutinitas bagi anak Anda, karena mungkin saja Anda akan kerepotan jika melakukannya sendiri. Selain mendapatkan rutinitas untuk tidur siang, Si Kecil juga akan mendapatkan pelatihan tentang potty training

Bido menawarkan itu semua dengan banyak manfaat untuk anak Anda. Orang tua tidak perlu khawatir dengan berbagai hal.

Apalagi mengingat Bido sudah menginjak usia 6 tahun, dengan menghadapi berbagai macam tipe anak dan karakter yang berbeda di masing-masing anak.
Semoga ke depannya kami dapat terus memberikan yang terbaik untuk anak-anak semua, calon pemimpin masa depan bangsa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keceriaan anak-anak Bilik Dolan di Taman Kota

Halo semua.... Berjumpa kembali dengan blog Bilik Dolan... Setelah sempat ditutup beberapa lama untuk direnovasi, kembali Taman Kota 1 di...